Selasa, 28 Jun 2011

Indahnya poligami dalm Islam

Salah satu tanda akhir zaman adlh jumlah perempuan lebih banyak dibandingkan jumlah laki2.Perbandingan 10wanita : 1laki2. Ini disebut dlm hadis. Dan itulah yg sedang terjadi didunia modern. Apakah langkah2 praktis untuk mengatasi ketdkseimbangan jmlh wanita dg jumlah laki2. Supaya semua wanita terbela dan bahagia krn dapat mempunyai suami dan anak2.

Wanita barat sudah memilih kehidupan liar sbg cara untuk mengisi kehendak fisiologisnya. Mereka menjual tubuhnya dg murah kepada sembarang laki2. Mereka tdk perlu memikirkan akan menikah,sebab institusi pernikahan dan rumah tangga sudah tdk perlu bagi mereka. Mereka dapat mencintai sepuluh laki2 dalam satu hari dan melakukan hubungan dg laki2 mana saja atau suami yg mereka sukai. Suami cuma pinjaman. Boleh ada boleh tidak ada.Boleh datang boleh pergi. Tidak ada halangan dan undang-undang apapun. Masyarakat jg memandang rendah dan hina. Jadi sampah masyarakat, hidup dalam neraka dunia sebelum neraka akherat yg abadi.

Itulah cara hidup barat dan mereka merasa bahagia seperti itu.Sanggupkah kita seperti itu? Sanggupkan kita membiarkan saudara seagama kita jd seperti itu? Apakah cara itu benar2 memberi kebahagian?
Apakah jalan keluar yang terbaik untuk masalah ini? kita tidak melihat ada cara lain yg lebih baik dibandingkan dg poligami. Walaupun pahit untuk diakui oleh sebagian pihak, namun hanya itulah caranya untuk menghiburkan duka lara sebagian wanita. Walaupun pahit namun tdk sepahit menjadi perawan tua sepanjang waktu

Pelaksanaan poligami secara terang2 an, adil serta harmonis masih belum terwjud dadlm masyarakat dunia modern. Penyebab utama mengapa hal ini terjadi adlh karena iman dan takwa tdk ditegakkan dan diperjuangkan. Padahal imanlah pendorong dan pengawal utama dalam mensukseskan poligami.

Oleh karena itu bagi orang2 yg belum memikirkan untuk benar2 beriman dan meningkatkan imannya dari waktu kwaktu, niscaya poligami itu akan menjadi suatu yang menyusahkan dan mendatangkan banyak dosa, lalu menjerumuskan mereka kedalam api neraka. Tetapi bagi mereka yg kalau mendengar tentang iman dan persoalan akherat pun sudah mencemoh, poligami pasti dipandang bagaikan neraka dunia, tidak berguna dan sangat menyiksa.

Orang beriman senantiasa sensitive dan serius dg Allah. Tujuan hidupnya semata-mata untuk Allah yg menciptakannya. Sesuatu yg disukai oleh Allah, walaupun sangat menyakitkan akan diterima dan dilaksanakannya dg redho. Sebaliknya sesuatu yg dibenci Allah, walaupun sangat disukai tetapi akan ditinggalkannya. Dengan sifat dan rasa hati seperti itulah poligami sebagai suatu jihad dan pengorbanan fisabilillah. Kesakitan dan kekurangan yang ditanggung karena melaksankan perintah Allah dianggap sbg penghapusan dosa dan mengurangi hisab dpadang Mahsyar. Ujian2 dlm poligami mereka dalam gelanggang mujahadah.

Tanya jawab soal poligami :
kenapa kebanyakan laki-laki suka menikah lebih dari satu?
Jawab itu kan bagus? Para istri berpeluang menghadiahkan kepada suami mereka sesuatu yg paling berharga

Tidak mungkin begitu. Sanggupkah seorang laki2 menghadiahkan kepada istrinya seorang laki2 sebagai suami kedua?
Jawab itu tidak mungkin, sebab syariat tidak membenarkan. Sebaliknya syariat membenarkan seorang laki2 menikah lebih dari satu.

Kenapa begitu bukankah dari segi perasaan laki2 dan wanita sama saja. Kalau seorang laki2 tidak rela istrinya menduakannya, maka wanita tidak rela suaminya menduakannya. Apkah syariat tidak menimbang soal ini?
Jawab Ya dari segi perasaan, laki2 dan wanita adlh sama tetapi tidak sama dari segi kemampuan dan tanggung jawab. Oleh karena itu tidak semua perkara yg dibenarkan bagi laki, dibenarkan juga pada wanita. Contohnya tentang poligami, wanita tidak dibolehkan(bersuami lebih dari satu) karena seandainya dia mengandung, anak itu hendak di-bin-kan (hasil keturunan) dari suami yang mana?Hasil dari itu bermacam-macam resiko yg terpaksa dtanggung oleh anak itu, ibu ayah, kakek nenek dan saudara yang terlibat. Kepada siapa anak itu dpertanggungjawabkan?

Hal ini tidak terjadi kalau laki2 yang berpoligami. Anak2 yg lahir dari istri2nya semua adlh tanggungan suami. Kalau istrinya 4 orang, anaknya 30 orang, maka semuanya harus dibiayai oleh suami tsb. Kenapa poligami tdak dibenarkan pada wanita.Tetapi laki2 dibenarkan berpoligami, dg syarat dia bertanggung jawab melindungi dan menaungi semua yg terlibat. Itulah keadilan syariat
Diantara kepentingan poligami adlh :
1. Memperbanyak anak
2. Membela yg janda, perawan tua dan kelebihan wanita
3. Menyelesaikan masalah suami sewaktu istri mengandung, bersalin dll

Saya tetap merasakan bahwa setiap wanita tidak setuju dg poligami. Kami hilang bahagia karena poligami?
Jawab manusia hilang bahagia bukan karena poligami. Berapa banyak orang yg tdk melaksanakan poligami jg merasa frustasi,bunuh diri, bukan sebab poligami, tetapi tdk lain karena iman yg lemah. Siapa yg tdk kuat imannya, akan hilang kebahagian dg segala bentuk ujian. Ujian tdk llulus,tunangan diambil orang, suami menikah lagi dll.

Pak menganggap sy tidak beriman?
Jawab bukan begitu. Bukti iman seseorang adlh dia redho dg takdir yg Allah tentukan padanya. Dia tidak berkeluh kesah. Tidak menderita . Iman membuat seseorang dapat tenang dalam ujian. Tenang walaupun suaminya menikah lagi.

Pak menyuruh saya untuk melawan fitrah kewanitaan saya, sedangkan kehendak fitrah adlh suatu tuntutan yg murni?
Jawab menderita karena suami menikah lagi bukan rasa fitrah. Itu adlh nafsu, barang siapa yg mengikuti kata nafsu hingga melupakan Allah, maka lihatlah apa akibatnya. Poligami bukan mengambil seluruh keperluan batiniah wanita. Ia hanya meminta wanita mengorbankan sebagian kenikmatan itu untuk kaum sejenisnya yg jg memerlukan
nikmat itu.

Bagaimana saya dapat melepaskan dari dari belenggu nafsu?
Jawab nafsu hanya bisa ditundukkan dg api neraka. Maksudnya sewaktu nafsu membujuk kita agar bersikap ingkar kepada Allah, maka seharusnya kita katakan padanya, "Wahai nafsu, kata2 engkau ini tidak akan dapat menyelamatkan aku, tetapi akan membawa aku keneraka. Janganlah engkau hendak perdayakan aku." Saudari percaya pada neraka?

Percaya, tapi tidak begitu memikirkannya
Jawab karena hati dan pikiran kita masih memikirkan dunia. Itulah dia nafsu. Sedangkan wanita beriman, hati dan pikirannya banyak memikirkan nasibnya diakherat.

Apa faedahnya kita memikirkan akherat?
Jawab supaya kita dapat berkorban sebanyak mungkin di dunia ini, untuk mendapat sebanyak2nya keuntungan diakherat. Contohnya saudari dapat mengorbankan harta benda dijalan Allah agar ia menjadi simpanan diakherat, sedangkan uang itu jika tidak dikorbankan ia akan habis didunia. Saudari dapat berkorban untuk suami dengan mengijinkan dia menikah lagi, untuk merebut janji Allah diakherat

Tetapi pengorbanan ini rasanya terlalu berat untuk saya?
Jawab karena saudari tdk melihat surga diakherat. Kalaulah saudari melihat surga maka harga suami menjadi kecil sekali. Saudari pernah masuk ke universitas?Pernah. Mudahkah untuk memasuki univversitas dan untuk lulus dari universitas? Tidak bukan? Saudari terpaksa berkorban 12 tahun tanpa istirahat, kurang makan, kurang tidur. Seluruh waktu dgunakan untuk berpikir, mengkaji ,menghapal dan bermacam-macam lagi.Semua kesusahan itu saudari tanggung dg sukarela untuk mengharapkan keberhasilan. Dari keberhasilan itu saudari mengharapkan surga dunia, surga sementara. Surga yg pasti akan dtinggalkan.

Tidak cukupkah saya disusahkan dg dia menikah lagi, minta pula saya meredhoi ketidakadilan ini?
Jawab niat saudari membenarkan dia menikah katanya karena Allah untuk mengorbankan dunia, untuk membeli surga diakherat. Betul..Surga tidak dapat dibeli dg harga yg murah , sebab surga itu terlalu mahal. Untuk mendapatkan rumah didunia saja saudari sudahmengorbankan hidup saudari, maka apalagi untuk mendapatkan surga di akherat. Pengorbanan seorang wanita yg paling tinggi harganya, yg layak mendapat pangkat tertinggi di sisi Allah dan mendapat surga Nya ialah mentaati suaminya dalam keadaaan apapun juga.

Hati saya hancur lebur, karena sikap suami saya itu?
Jawab saya yakin bahwa Allah bermaksud untuk membersihkan dosa2 saudari di dunia ini, agar saudari dapat pergi keakherat dalam keadaan tidak berdosa.
Coba kita hitung dosa2 sendiri yg telah kita lakukan sejak baligh hingga kini. Tentu banyak, bukan?Kalaulah dosa ini tdk dibersihkan dg hukuman didunia, pasti kita akan dsiksa dg neraka. Jadi yang mana saudari mau? Diselesaikan didunia atau di akherat.
Mungkin karena banyaknya dosa kita maka ujian kita juga berat, atau kalau bukan karena dosa maka ujian ini adlh untuk melayakkan saudari untuk naik pangkat disisi Allah yg upahnya ialah surga.Yaitu kalau saudari dapat bersabar. Pahala sabar tanpa hisab akan saudari peroleh, tapi kalau saudari tidak bs sabar, maka ujian ini berarti kegagalan dan kutukan pada saudari sendiri.
Bagi orang yang Allah sayangi, ujian dari Allah akan menjadikannya lebih mulia. Bagi orang yang Allah benci, ujian ini akan menjatuhkan dan menghinakannya.
Dosa2 yang telah dibuatnya adalah dosa besar. Dosa yg menghisab antara dia dg Allah. Bagi seorang wanita dosa2 itu adlh :
1. Durhaka kepada suami
2. Durhaka kepada ayah dan ibu
3. Durhaka kepada guru
4. Menzalimi orang lain

Saya tidak percaya ada orang dapat tersenyum dalam kepahitan?
Jawab sebab iman saudari belum masuk ke hati. Apabila iman telah ada dalam hati, seseorang itu bukan saja sanggup berkorban jiwa raga , bahkan nyawanya pun jg rela dikorbankan. Sebab dia yakin itulah kecintaan Allah dan itulah cara untuk mendapatkan surga. Orang yang dikurangkan didunia akan dilebihkan di akherat. Orang yang disusahkan di dunia akan dimudahkan di akherat

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

MENERAJUI KESEJAHTERAAN SELANGOR